Senin, 24 Mei 2010

Siap Menghadapi Akhir Jaman (17)

Bagian-17-----Home---Artikel

Banyak orang menganggap bahwa sesuatu yang penting pasti akan dibicarakan panjang lebar dalam Alkitab. Tetapi ternyata ada hal-hal yang sangat penting hanya mendapat tempat yang sedikit saja di dalam Alkitab. Contohnya, masalah lahir baru. Hal ini hanya kita temukan dalam dua kalimat pendek, dan itu sama sekali tidak memuat definisi tentang lahir baru. Padahal Alkitab menulis bahwa kita tidak dapat masuk Kerajaan Tuhan tanpa dilahirkan kembali.
Juga tentang pelayanan gembala atau pastoral yang hanya disebut satu kali dalam Perjanjian Baru dalam suatu kalimat yang menyebutkannya sebagai salah satu bagian dari lima pelayanan untuk memperlengkapi jemaat (Efesus 4:11). Tidak ada satu definisi yang menyebutkan tentang pelayanan ini, tetapi pelayanan tersebut justru mendominasi pelayanan gereja.
Mari kita lihat lebih jauh pelayanan pastoral yang telah mendominasi pelayanan gereja ini. Kata Yunani yang diterjemahkan sebagai “pastor” dalam Efesus 4:11 bisa juga diterjemahkan sebagai “pemberi makan”. Dalam Matius 24:45-48 Tuhan menyatakan, "Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya? Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya.” Jelas bahwa Tuhan sangat menghargai mereka yang memberi makan umatNya dan akan menjadikan dia pengawas atas segala milikNya. Bukankah itu yang dilakukan oleh gembala?
Ada banyak hal yang bisa kita bicarakan tentang pelayanan pastoral yang saat ini mendominasi pelayanan gereja. Yang ingin saya katakan di sini adalah bahwa kita harus “mengerti benar-benar firman kebenaran itu” dan bukan hanya mendasarkan doktrin kita pada hal yang kelihatannya benar, melainkan pada pengajaran yang jelas benar. Besarnya ruang yang disediakan untuk membicarakan suatu hal dalam Alkitab memang juga menunjukkan bahwa hal tersebut penting, dan salah satu hal utama, yang justru sering diabaikan dalam pengajaran Kristen moderen, ialah tentang pengelolaan yang benar.
Diperkirakan antara sepertiga sampai setengah isi pengajaran dalam Alkitab berbicara tentang kebenaran yang berkaitan dengan pengelolaan. Tetapi, seberapa sering hal tersebut dibicarakan di gereja?
Tentu saja ada kelompok-kelompok atau gerakan yang telah melihat hal ini dan mereka membicarakannya. Tetapi kebanyakan hanya membicarakan tentang pengelolaan uang. Uang memang penting, bahkan begitu penting sehingga Tuhan Sendiri berkata bahwa Dia tidak bisa mempercayakan pada kita kekayaan yang sesungguhnya sampai kita belajar untuk menanganinya dengan benar. Tetapi yang dimaksud di sini bukanlah uang melainkan kekayaan yang sesungguhnya. Karena Tuhan memakai uang untuk mengajar kita menjadi penilik atau pengelola yang benar sehingga kita bisa dipercaya untuk menangani yang lebih besar, kita akan mempelajari hal ini sungguh-sungguh, tetapi tidak menjadikannya pengajaran yang paling penting.
Karena “tanda binatang” merupakan tanda ekonomi, maka pada akhir jaman ini pengelolaan keuangan yang benar yang akan dipercayakan kepada kita menjadi semakin penting. Kita juga harus memperhatikan peringatan-peringatan alkitabiah tentang betapa cepat uang menjadi berhala, karena dengan melakukan hal ini kita pasti memakai tanda binatang itu. Memakai tanda binatang itu bukanlah dosa. Tetapi menyembah binatang itu adalah dosa. Dan tanda itu merupakan bukti dari apa yang kita lakukan.
Beberapa dasawarsa yang lalu Tuhan menunjukkan bahwa pengertian tentang ekonomi moderen penting untuk mengetahui waktu. Itu bukan satu-satunya hal yang perlu untuk kita mengerti tetapi itu akan menjadi salah satu faktor terbesar. Itulah yang menjadi alasan mengapa tanda binatang adalah tanda ekonomi.
Karena mempunyai latar belakang bisnis, saya suka belajar ekonomi baik sebagai suatu kegiatan rekreasi ataupun panggilan. Yang mengherankan, saya juga semakin banyak mengenal orang-orang kunci di bidang ekonomi dan bisnis. Setiap mereka ini memiliki pengertian kunci yang kemudian diajarkan kepada saya, atau setidaknya memberi referensi sumber pengetahuan yang saya anggap penting karena membuat saya mengerti apa yang sedang dan akan terjadi.
Saya harap kalian tidak menjadi bingung karena berpikir harus mempelajari ilmu ekonomi untuk mengerti waktu. Saya menghabiskan waktu bertahun-tahun mempelajari ilmu ekonomi. Begitu juga orang-orang lain. Jadi kami bisa menyarikan elemen-elemen penting dan mengajarkan kepada kalian dalam beberapa jam saja, bahkan ada beberapa hal yang bisa dipelajari kurang dari satu jam. Demikian juga banyak orang yang mempelajari aspek-aspek penting lainnya mengenai waktu, yang mungkin tidak menarik bagi saya. Tetapi mereka bisa mengajarkan kepada kami dalam waktu singkat apa yang telah mereka pelajari selama bertahun-tahun.
Dalam beberapa minggu ke depan kita akan belajar tentang “prophetic economics” dengan memakai kejadian-kejadian yang sedang berjalan. Saya telah melakukannya tetapi kita perlu belajar lebih jauh. Saya rasa ini akan menarik, tetapi seandainya tidak, bisa bermanfaat karena pengetahuan ini merupakan bagian utama yang penting untuk mengetahui waktu. Ini juga bisa menjadi bagian utama yang penting untuk kita mengerti apa artinya dipercaya dengan kekayaan yang sesungguhnya.
(disadur dengan bebas oleh Iskak Hutomo dari Prepared for the Times oleh Rick Joyner)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar